Gunakan nurani seperti CCTV

Gunakan nurani seperti CCTV

Terkadang kita sibuk dengan kebenaran kita, merasa paling benar, memandang rendah kepercayaan dan kemampuan orang lain. Bukan sekedar karena doktrin sejak kita dilahirkan ataupun karena motivator yang membangkitkan jiwa kita lebih baik dari orang lain. Secara positif hal ini berguna jika dalam kontek yang tepat seperti dalam perlombaan dunia.

Namun secara tidak sadar hal ini membuat kita merasa lebih baik, lebih benar dari orang lain dalam segala hal yang celakanya kita terapkan dalam aspek kehidupan. Hal yang kerap kali membuat kita jadi sombong dan kadang digunjingi orang.

Mungkin hal inilah yang sering disampaikan ahli pendidikan karakter bahwa mengatakan anak kita bodoh atau pinter tanpa alasan dan penguatan kebiasaan adalah hal yang sama bahayanya. Contoh: “anakku pintar” atau “dasar kamu bodoh”. Seharusnya: anakku pintar, pasti karena rajin belajar.

Adalah ego kita yang membuat kita kuat atau hancur, egolah yang gila pujian ego pula yang anti penghinaan. Ya sama-sama berbahaya, dalam bungkus yang berbeda. Lalu apa yang kita perlukan untuk tidak terjebak diantaranya, sesuatu yang berfungsi sebagai kalimat pelengkap dalam contoh anak kita diatas?

Nurani, ya nurani sesuatu yang membuat kita sadar kenapa kita dipuji pun dimaki. Sesuatu yang bisa menyadarkan kita kapan kita sadar kita perlu jadi juara dan kapan kita duduk bersama. Sesuatu yang menghindarkan kita pamer foto jalan-jalan dan makan di tempat “kekinian” namun tetangga kita terdiam tak mampu membeli beras.

Sesuatu yang menyadarkan kita dari kebiasaan “makanan difoto, teman dimakan” gunakanlah ia seperti CCTV dengan prinsip “aku adalah kamu, kamu adalah aku” atau Tatwamasi. Sesuatu yang membuat kita belajar melihat dari sudut pandang yang berbeda, sesuatu yang merubah paradigma kita. Sesuatu yang membuat kita tetap jadi manusia. Sesuatu yang tunjukan Tuhan dalam diri kita. Cctv dalam hidup kita.

Please follow and like us:
error20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *